Perjalanan Menuju PCPM 32 BI (My Pride Failure)

Bekerja di Bank Indonesia adalah impian hampir semua anak dijurusan saya, karena pada dasarnya ilmu ekonomi sangat cocok untuk berada di Bank Indonesia. Sekitar awal bulan september 2016 ternyata Bank Indonesia membuka lowongan untuk jalur PCPM. PCPM sendiri merupakan penerimaan calon pimpinan masa depan Bank Indonesia yang akan bekerja langsung menjadi asisten manajer di Bank Indonesia. Sayang sekali PCPM hanya dibuka 3 tahun sekali sehingga jangan ditanyakan lagi seberapa besar antusias seluruh pemuda Indonesia untuk bisa menjadi salah satu putra putri terbaik bangsa yang menduduki posisi tersebut.

Ketika BI membuka pendaftaran saya coba mendaftar, ternyata saat mendaftar kita langsung di berikan pilihan untuk job family yang kita inginkan. Ada sekitar 5 bidang yang dibuka yaitu moneter, market, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengedaran uang rupiah, dan enabler. Setiap bidang mempunyai tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Selanjutnya untuk masuk di BI ada tahap 0 yaitu administrasi dan 5 tahap tes yang harus dilalui peserta. Saya akan membagikan sedikit pengalaman pribadi saya selama melalui tahapan tes PCPM BI 32.

Tahap 0, seleksi administrasi di mana peserta hanya perlu mengisi formulir dan data-data yang dibutuhkan secara online. Pada saat mendaftar saya membaca informasi mengenai job family dan tanpa berpikir panjang saya langsung memilih bidang moneter karena saya sangat tertarik untuk terjun di dunia moneter. Untuk lolos seleksi ini yang jelas peserta harus memenuhi persyaratan umum yaitu persyaratan pelamar untuk bisa mendaftar di BI seperti usia, IPK, dsb, dan syarat khusus yaitu persyaratan pelamar sesuai dengan bidang yang di ambil. Sebelum memilih posisi apa yang akan dilamar sebaiknya baca ketentuan, syarat-syarat yang dibutuhkan pada setiap job family. Setiap job family punya spesifikasi jurusan yang boleh mendaftar. Selin itu, pada saat mendaftar kalian akan diberi pilihan kota lokasi tes. Ada 10 kota tes di Indonesia, dan saya memilih Surabaya karena yang paling dekat dengan Malang (tempat tinggal saya). Selama kalian memenuhi persyaratan umum dan khusus maka dapat dipastikan kalian akan lolos untuk mengikuti tes tahap I.

Selanjutnya, setelah lolos dari tahap administrasi akan lanjut pada seleksi Tahap I yaitu tes potensi dasar. Pada tahap ini peserta tes akan dibagi ke ruangan sesuai dengan job family nya. Saat tes, penyelenggara dari PPM memberitahukan bahwa peserta yang mendaftar ke BI sekitar 87ribu orang. Pada tes ini materi yang keluar seputar numerik, verbal, dll. Saya lupa detailnya, yang jelas sama seperti tes pontensi akademik pada umumnya. Ketika itu ada bagian soal matematika yang tidak sampai saya selesaikan karena memang waktunya sangat terbatas. Hampir semua peserta mungkin tidak sampai bisa menyelesaikannya.

Setelah tahap I, saya masih diberi kesempatan untuk seleksi ke tahap II yaitu Tes Kebanksentralan dan Ekonomi terkini, dan Bahasa Inggris. Tes kebanksentralan dan ekonomi terkini jelas membahas segala hal yang berkaitan dengan BI. Jadi bacalah materi kebanksentralan yang ada di web BI dan rajin-rajin membaca tentang isu ekonomi terkini yang terjadi. Setelah tes kebanksentralan langsung lanjut ke tes bahasa inggris. Bahasa inggris disini seperti TOEFL pada umumnya tentang grammar dan reading. Waktu tes bahasa inggris sangat terbatas jadi manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Tes ini dilakukan dalam satu hari. Jadi saran saya adalah menyiapkan kondisi fisik yang prima karena tidak ada jeda istirahat saat mengerjakan tes.

Akhirnya pengumuman tahap II keluar dan saya masih lanjut ke Tahap III yaitu tes psikologis tertulis, wawancara psikologis, dan leaderless group discussion. Tes ini dilakukan selama 2 hari, di mana hari pertama tes psikologis tertulis. Pada tes ini seperti psikotes pada umumnya, seperti tes IQ. Mengetahui kepribadian dan kemampuan kita. Ada WARTEG, tes koran, dll. Durasi tes cukup panjang dan melelahkan jadi kondisi fisik tentunya penting untuk dijaga.

Kemudian hari kedua kita melakukan Leaderless Group Discussion. Peserta akan dibagi kedalam kelompok-kelompok. Saat itu ada 3 kelompok di ruang saya dan setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Materi diskusinya membahas isu terkini general tidak fokus pada jurusan tertentu sehingga saya rasa adil bagi seluruh peserta. Setelah selesai LDG maka akan dilanjutkan wawancara psikologis. pada saat wawancara kita akan berhadapan dengan satu orang psikolog yang juga menjadi psikolog saat LDG. Wawancara ini lebih kepada menggali mengenai kepribadian, diri kita. Jadi yang terpenting kenali diri sendiri dan jadilah diri sendiri saat wawancara.

Selanjutnya tes tahap IV yaitu tes tesehatan dan psikiatri. Hari pertama di surabaya tes kesehatan (MCU). Tes ini yang jelas seperti medical check up pada umumnya yaitu dari tes urin, tinggi/berat, tes darah puasa dan setelah makan, tes mata, ECG, rongent, dan tes fisik. Sebelum tes kesehatan akan diberitahukan mengenai ketentuan-ketentuan yang harus dijalankan oleh peserta. MCU dilakukan dalam waktu sehari dan ketika itu ada sekitar 187 peserta yang lolos pada tahap ini di surabaya. Jadi jika ingin lekas selesai datang pagi-pagi karena tes antrian berdasarkan kedatangan peserta. Waktu itu saya sampai pukul setengah 7 pagi dan ururtan ke 29, selesai tes sekitar jam 10 pagi.

Hari kedua yaitu tes psikiatri. Di mana saya harus mengerjakan 567 soal dengan waktu 2 jam. Pada tes ini yang jelas jawab saja pertanyaan dengan jujur dan selesaikan semuanya, jangan sampai ada soal yang tidak terisi. Pada tahap IV saya mulai was-was karena saya takut MCU saya tidak lolos. Tapi ternyata saat pengumuman saya masih diberi kesempatan untuk lanjut ke tahap tes terakhir yaitu wawancara akhir.

Wawancara dilakukan di beberapa kota di Indonesia namun tidak semua (10 kota) lokasi tes. Ada kota yang lokasi tes wawancara pindah ke jakarta. Surabaya pada tahap ini ada 59 orang yang lolos dari 497 se Indonesia. Tes dilakukan selama 3 hari di Surabaya. Saat itu saya baru membuka e-mail jam 9 pagi dan saya mendapat tes hari pertama yaitu esok harinya jam 7 pagi. Tes dilakukan di kantor Bank Indonesia Surabaya. Setiba di sana kita bertemu dengan para petinggi BI yang akan memberikan info mengenai karir di BI. Setelah itu, ada sekitar 17 orang yang mengikuti wawancara hari itu dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok saya ada 8 orang dengan 7 orang pilihan job family Moneter dan 1 orang SSK. Karena wawancara dilakukan sesuai urutan abjad saya mendapat giliran paling akhir sekitar jam setengah 5. Teman-teman kelompok saya dari berbagai universitas yaitu UGM, ITB, UNAIR dan saya sendiri dari UB. Dari 8 orang, 2 orang fresh graduate (termasuk saya), sisanya sudah bekerja, s2 dan lulusan s2.

Pada tahap V ini saya diwawancari oleh 3 orang BI yaitu direktur Stabilitas Sistem  Keuangan, Direktur Transformasi Kebijakan, dan Deputi Direktur DSDM. Hal yang ditanyakan saat wawancara adalah tentang diri pribadi dan juga tentang Bank Indonesia. Jadi saat tahap ini jadilah diri sendiri dan pahami tugas-tugas BI. Saya selesai wawancara sekitar pukul 6 sore.

Setelah menanti hampir sebulan untuk pengumuman BI tahap terakhir akhirnya hasil diumumkan tanggal 3 Januari dan pada akhirnya saya belum lolos menjadi pegawai BI. Saya gagal masuk PCPM 32 Bank Indonesia. Peserta yang berhasil PCPM 32 BI ada 125 orang dan dari kelompok wawancara saya yang berhasil lolos 1 orang lulusan s2 UK. Namun, saya bersyukur diberi kesempatan bisa mengikuti seleksi hingga akhir dan bertemu langsung dengan para aktor pembuat kebijakan perekonomian selama ini. Semoga saya bisa menjadi seperti beliau-beliau di masa depan.

Selamat bagi teman-teman yang telah lolos PCPM 32 semoga bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Saya akan mencoba lagi pada PCPM selanjutnya. Tetap semangat! Karena Kegagalan adalah investasi yang terbaik.

5 thoughts on “Perjalanan Menuju PCPM 32 BI (My Pride Failure)

Leave a Reply

